Selasa, 03 Maret 2009

Era Perkembangan Komputer

Pada tahun 1937 – 1942 Dr. John V. Atanasoff menciptakan komputer ektronik digital pertama bernama Atanasoff-Berry Computer (ABC). Dan pada tahun 1945, Alan Turing merancang Colassus, sebuah komputer elektronik analog. Sedangkan komputer dalam skala besar yang pertama dibangun adalah Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC) oleh Dr. John Mauchly dan J. Presper Eckert, yang berkemampuan ribuan kali cepat.

Komputer Generasi Pertama (1946 – 1958).

Komputer generasi pertama yaitu ENIAC yang menggunakan tabung hampa udara dan penyimpanan data (stored program concept). Tahun 1950, komputer dikembangkan dengan menggunakan binary aritmetic, random access, dan program penyimpanan. Lalu dirancang computer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) dengan perhitungan yang lebih cepat. EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data. Kemudian The U.S. Bureau of Cencus pada tahun 1951 menginstalasi komputer komersial pertama yang bernama Universal Automatic Computer – UNIVAC I. UNIVAC I dikembangkan oleh Mauchly dan Eckert untuk Remington-Rand Corporation.

IBM memasuki pasar computer dengan menghasilkan komputer elektromekanik pertama yaitu Mark I pada tahun 1944 oleh seorang profesor Universitas Harvard, Howard Aiken. IBM memonopoli peralatan pemroses data punched-card. Produk IBM pertama yang di jual adalah IBM 701 pada tahun 1953. IBM 650 diperkenalkan berikutnya meraih keuntungan yang besar. Pada tahun 1957 John Backus memperkenalkan Formula Translation (FORTRAN).

Komputer Generasi Kedua (1958 – 1964)

Penemuan integrated circuit (IC) pada tahun 1958 oleh Jack Kilby menjadi momen dimulainya komputer generasi kedua. Dari segi pemrograman, tahun 1960 diperkenalkan COBOL sebagai bahasa tingkat tinggi untuk aplikasi bidang bisnis. Karakteristik yang dominan pada komputer generasi kedua adalah transistor yang mengembangkan inti magnetic yang digunakan dalam membuat super computer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer generasi kedua ini menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly

Komputer Generasi Ketiga (1964 - 1970)

Generasi ini dimulai dengan diluncurkannya IBM S/360. Sedangkan pada bidang komputer untuk time-sharing system, Digital Equipment Corporation (DEC) meluncurkan PDP-8 pada tahun 1965. Integrated circuits merupakan teknologi baru dari generasi ini seperti halnya transistor pada generasi kedua. Sebuah karakteristik yang penting pada komputer generasi ketiga adalah ‘upward compatibility (kompatibilitas ke atas). Komputer bisa menjalankan satu program secara bersamaan (multiprogramming). Produksi komputer kecil (small-computer) yang dikenal minicomputer sangan banyak. Digital Equipment Corporation (DEC) dan Data General Corporation (DGC) yang menguasai penjualan dan pembuatan minicomputer ini.

Komputer Generasi Keempat (1970 sampai sekarang)

Komputer generasi keempat ditandai dengan pengunaan Large-scale Integration (LSI) pada pembuatan komputer dengan sebuah chip, pada tahun 1970. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah menjadi jutaan. Pada tahun 1971, Dr. Ted Hoff dari Intel Corporation membangun microprocessor, yaitu microchip yang dapat diprogram. Selain itu ada pula microcomputer yaitu alat pemroses yang kecil, tidak mahal, tetapi berkinerja tinggi.

Komputer Apple, dibangun oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak. Komputer IBM PC (personal computer) mulai diluncurkan pada tahun 1981. Dua tahun kemudian, Intel kembali meluncurkan prosesor generasi Pentium yang pertama, yang merupakan pengembangan dari prosesor Intel 486. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop). Promosi Tablet PC pun mulai digencarkan kembali. Pada tahun 2005 diluncurkan komputer jinjing OQO. Kehadiran smart phone juga mampu menggantikan PDA.

Tahun 2006, Intel memperkenalkan prosesor Core 2 Duo, sedangkan IBM menghasilkan supercomputer tercepat, dinamakan Blue Gene/LIntel Pada tahun 2007, Intel memperkenalkan Clovertown, sebuah prosesor dengan 4 core.. Di samping itu, Apple memperkenalkan iPhone yang berfungsi seperti iPod. Pada tahun 2008, penjualan komputer notebook semakin meningkat meninggalkan komputer desktop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar