Kamis, 05 Maret 2009

KewirausahaanUuntuk Menjawab Permasalah Bangsa

Kondisi perekonomian yang semakin sulit dewasa ini menuntut kita untuk terus berinisiatif, kreatif, dan dinamis, dalam mencari tambahan penghasilan, salah satunya dengan berwirusaha. Sektor bisnis yang sangat kompetitif dan peka terhadap pengaruh lingkungan ini memiliki dinamika, motivasi, kreativitas dan inisiatif nyata untuk membantu kita untuk menjawab tantangan hidup ini.

Indonesia sebagai negara yang terus berupaya untuk menjadi negara yang unggul di jajaran terdepan internasional, masih terus mengalami banyak tantangan, seperti pengangguran dan kemiskinan yang jumlahnya terus mengkhawatirkan. Fenomena ini menjadi beban negara yang seharusnya menjadi tanggung jawab kita bersama. Permasalahan pengangguran diharapkan turun pada kisaran 8-9% dan penduduk miskin menjadi 15-16 pada tahun 2008. Penurunan tersebut dapat terjadi jika ekonomi tumbuh 6,6 hingga 7%. Oleh karena itu sebagai generasi penerus bangsa, kita harus ikut berpartisipasi dalam penanganan masalah tersebut

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi dapat mengurangi kemiskinan dan pengangguran bila stabilitas ekonomi tetap dijaga. Pertumbuhan ekonomi sebesar 6-7% dapat mengurangi tingkat pengangguran menjadi berada pada kisaran 8-9%, dan jumlah penduduk miskin berkurang sebesar 15-16%. Kondisi ini dapat dicapai dengan penyediaan lapangan pekerjaan. Dalam hal inilah peran wirausaha sangat diperlukan.

Kewirausahaan meliputi semua kegiatan fungsi dan tindakan untuk mengejar dan memanfaatkan peluang dengan menciptakan suatu organisasi sedangkan wirausaha dinyatakan oleh Joseph Schumpeter sebagai orang yang mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru. Sedangkan definisi lain dari wirausahawan adalah seorang inovator penggerak pembangunan yang akan merubah peluang menjadi ide yang dapat dijual dan peningkatan nilai tambah melalui efisiensi waktu, tenaga kerja, uang, dan peningkatan ketrampilan serta mampu mengendalikan alat-alat produksi sehingga menghasilkan lebih banyak produk untuk dijual agar memperoleh pendapatan yang tinggi.

I.3 PERMASALAHAN BANGSA

Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar untuk maju karena Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dan di anugrahi banyak sumberdaya alam yang melimpah. Negara yang luasnya 2.027.087 ini membentuk negara kepulauan terbesar didunia dengan mempunyai 17000 pulau. Indonesiapun mempunyai letak yang strategis yang terletak diantara benua asia dan Australian dan diantara samudra hindia dan samudra atlantik. Dengan letak tepat digaris khatulistiwa. Indonesia mempunyai musim tropis yang membuat tanah Indonesia subur dan makmur.. Semua ini ditunjang dengan jumlah populasi yang banyak yaitu 220 juta orang atau terbesar ke empat didunia. Seyogianya semua potensi ini dapat menjadi modal untuk membangun Indonesia menjadi negara yang terdepan dikancah internasional.

Tapi ironisanya Indonesia malah mencetak prestasinya dalam hal yang negative seperti pengangguran, korupsi, hutang, kemiskinan, penyakit, dan kurangnya penegakan hukum. Selain itu banyaknya populasi bisa mengakibatkan kopetisi untuk memperoleh kebutuhan pangan semakin ketat. Banyak rakyat menderita gizi buruk karena tidak mampu membeli makanan bergizi dengan harga murah. Malangnya Indonesia sengsara di lubung padi yang makmur.

Masalah yang paling paling kerusial yang dialami negara kita yaitu jumlah pengangguran yang terus bertambah. Dengan lowongan kerja yang sangat terbatas dan penduduk yang semakin membludak, implikasinya adalah banyak sekali pengangguran di Indonesia Banyak pengangguran ini menambah daftar panjang beban yang harus dipikul negara. Inilah realita mengenaskan di Negara tercinta kita. Jika setiap orang terus duduk diam menerima bantuan pemerintah untuk menambah lapangan kerja, maka jumlah pengangguran akan terus berlipat-lipat. Karena perbandingan antara smberdaya manusia dan lowongan kerja sangat tidak seimbang

Saat ini bukan saatnya untuk berpangku tangan. Ini saatnya untuk berfikir inisatif, kreatif dan dinamis dalam memecahkan permasalahan pekerjaan ini. Dan juga diperlukan kesadaran untuk kita bisa mandiri dan membuat lapangan kerja sendiri dengan menjadi Entrepreneurship. Dengan begitu kita dapat membuat lahan kerja badi diri kita sendiri dan bagi orang lain. Sehingga sedikit-demi sedikit pengguran akan berkurang.

Karena sesungguhnya salah satu indikasi keberhasilan pembangunan suatu Negara dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi. Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi tersebut, Menkeu mengatakan investasi tahun depan harus meningkat 14,5-18,2 persen. Tanpa itu, sulit berharap ekonomi tumbuh seperti yang ditargetkan. “Ini adalah tantangan paling sulit, Akibat pertumbuhan ekonomi yang lambat mengakibatkan jumlah pengangguran ini menjadi hal yang ironis, , karena masih berada di atas 10 juta(berdasarkan data dari Sinar Harapan.com). Pemerintah terus berupaya menggenjot pertumbuhan ekonomi secara sektoral sebab penciptaan lapangan kerja berkorelasi positif dengan laju pertumbuhan sektor tersebut. Dan salah satu upaya untuk menciptakan lapangan kerja adalah dengan berwirausaha.

I.4 PERANAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENJELASKAN PERMASALAHAN BANGSA

Seperti yang sudah dijelaskan di atas,salah satu permasalahan bangsa yang menghambat pertumbuhan ekonomi adalah tingginya angka pengangguran. Untuk mengimbangi jumlah penduduk yang semakin banyak dangan lapangan kerja yang sangat terbatas, perlu dilakukan usaha mandiri dari setiap individu untuk membuat lapangan pekerjaan sendiri. Usaha mandiri ini disebut kewirausahaan. Dengan melihat peluang yang ada dan berani mengambil resiko seseorang dapat merintis usahanya.

Dengan menjadi wirausahawan kita dapat membuka lapangan pekerjaan yang tidak hanya membantu satu orang saja tetapi banyak orang-orang pengangguran lainnya dapat tertolong untuk mempunyai pekerjaan.

Dengan lahirnya wirausahawan yang mandiri ini, permasalahan Negara dapat berkurang. Sehingga pertumbuhan ekonomi akan semakin pesat dan mengantarkan negara kita menjadi negara maju dengan rakyat yang sejahtera dan makmur. Inilah tugas kita bersama sebagai bukti cinta kita pada tanah air maka jadilah individu yang unggul, mandiri, pantang menyerah, dan terus berjuang membangun Negara Indonesia menjadi lebih jaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar